Ingin Mendapatkan Beasiswa Ke Luar Negeri? Cek Syarat Berikut Ini


Terkadang kita bingung dalam mencari informasi mengenai beasiswa. Bagaimana melamarnya, dokumen apa saja yang diperlukan, serta persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan beasiswa. Berikut ini adalah informasi syarat-syarat administratif apa saja yang harusdipersiapkan untuk melamar beasiswa:


1. Ijazah dan translatenya. Translate tdk perlu legalisir karena akan legalisasi dengan cap dari penerjemah tersumpahnya ditambah file softcopynya (scan) dan legalisir aslinya.

2. Academic transcript . Sama seperti Ijazah harus ditranslate dan dilampirkan softcopy serta legalisir aslinya.

3. Passport dan file softcopy. Punya passport lebih dulu akan mempermudah mendapatkan surat penawaran kuliah

4. IELTS. Diusahakan sudah tes terlebih dahulu dan mendapatkan nilai min 6.5. Tes IELTS bisa dilakukan di IDP dan IALF. Punya IELTS lebih menguntungkan daripada TOEFL. Berikut konversinya:
Ielts 5.0 = toefl 500
Ielts 5.5 = toefl 527
Ielts 6.0 = toefl 553
Ielts 6.5 = toefl 580
Ielts 7.0 = toefl 617

5. CV. Beberapa kampus mensyaratkan CV. Jadi dengan menyertakannya akan sangat membantu. Harus dalam format bahasa Inggris. Format europass CV juga cukup representatif untuk digunakan secara global.

6. KTP dan file softcopy. Usahakan juga punya file Kartu Keluarga.

7. Akta Kelahiran. Diusahakan juga sudah dtranslate ke dalam bahasa Inggris.

8. Proof of Employment. Kalau sudah bekerja, harap menyertakan dokumen ini karena akan sangat membantu. Bisa didapat di puket akademik atau personalia perusahaan.

9. Scanlah beberapa dokumen tambahan penting seperti sertifikat prestasi atau sejenisnya yg berkualifikasi baik. Lumayan utk menunjukkan sisi non akademis kita

Untuk bisa mendapatkan Letter of Acceptance ada 2 cara, online atau datang saat pameran. Keduanya relatif gratis, akan tetapi lebih baik dattang ke pameran yang diselenggarakan oleh agen, seperti IDP,AUSAID atau sejenisnya. Disana kita bisa langsung bertanya dengan representatifnya dan kita bisa kasih langsung aplikasi beasiswa.

Demikian informasi dan sedikit tips mengenai cara mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Terimakasih Loker Siswa
by Goody

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flu Burung di Samarinda, Mari Waspada

STRATEGI MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN