Busana Muslim Sutra Bugis Pukau Muslimah Moskow


Busana Muslim asal Indonesia menyedot perhatian dalam ajang Second Moscow International Halal Expo di jantung ibu kota Russia, Moskow. Seperti dituturkan Counsellor KBRI Moskow, M Aji Surya, dibandingkan dengan pakaian busana muslimah dari negara lain, maka busana Muslim rancangan Toto Supangat berada "di atas angin".


Aji Surya menyebutkan beberapa perancang busana muslim dari Iran, Kirgistan, Rusia, dan Indonesia mengisi puncak acara Second Moscow International Halal Expo yang digelar Kantor Dewan Mufti Rusia. Bertempat di Crocus Centre, tempat pameran paling bergengsi di ibukota Rusia itu, mereka memperagakan busana Muslim paling anyar.

Toto Supangat tampil dengan bisana yang lebih berwarna. Ia memadukan beberapa warna bunga di musim semi sebagai inspirasi hasil karyanya. Ungu, kuning, biru, dan hitam "ditabrakkan", menghasilkan rancangan yang lain dari yang lain. "Jujur saja, gaun yang diolah dari sutra bugis selalu terlihat cerah," ujar Toto Supangat.

Bandingkan dengan perancang dari Rusia yang mengusung warna-warna gelap dan motif datar. Atau dari Kirgistan yang cenderung memamerkan pakaian yang tidak ada bedanya dengan pakaian harian wanita Muslimah
di Rusia.

Disamping memamerkan bahan dasar sutra Bugis, Toto juga mengusung paduan batik pesisiran yang dipadu dengan kain polos. "Saya yakin unsur etnis Indonesia mampu menjawab tantangan perubahan musim di Rusia," ujarnya.

Terimakasih Republika
by Goody

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flu Burung di Samarinda, Mari Waspada

STRATEGI MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN